Web Analytics Tools
Perbandingan Google Analytics dan Spring Metrics
Disini saya akan membuat perbandingan antara Google Analytics dengan Spring
Metrics Analytics. Dimana keduanya merupakan Web Analytics Tools, yang mana
yang populer saat ini adalah Google Analytics.
Google Analytics adalah layanan gratis dari google yang dapat menampilakan
statistik pengunjung di sebuah situs web. Google Analytics ini dapat menelusuri
pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk search engine,
iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung
dalam dokumen pdf.
Spring Metrics adalah layanan berbayar, keunggulan dari Spring Metrics ini
dibanding tools lainnya adalah penyajian data yang sangat mudah dimengerti.
Banyak orang yang berpindah dari Google Analytics ke Spring Metrics ini karena
simplenya penyajian data. Dengan Spring Metrics ini kita sudah bisa mendapatkan
analisis konversi website secara real-time, asal trafik, analisis kata kunci,
laporan performa email, analisis landing page, dan konfigurasi simple
point-and-click. Pada Spring Analytics ini dapat memantau jalannya pengunjung
di website secara detail dari awal membuka website sampai menutup website.
Jadi kesimpulannya masing-masing dari tools di atas memiliki kelebihan dan
kekurangan masing-masing. Untuk Google Analytics memiliki kelebihan di layanan
yang gratis, namun kekurangan dari Google Analytics ini penyajian datanya yang
tidak sedetail Spring Meetrics. Untuk Spring Metrics memiliki keunggulan di
penyajian datanya yang simple dan mudah dimengerti namun detail, untuk
kekurangan Spring Metrics ini yaitu layanan berbayar setiap bulan, tidak
seperti google analytics yang gratis.
Komentar
Posting Komentar