Tips Merawat Motor
Sepeda
motor merupakan kendaraan yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang di
Indonesia. Dari kalangan anak sekolah, kuliah, pekerja, dan lainnya banyak yang
menggunakan sepeda motor untuk moda transportasi. Karena ke-efisienannya lah
yang menjadi alasan banyak orang untuk menggunakan sepeda motor. Disini saya
akan sedikit berbagi informasi dan pengalaman tentang bagaimana merawat sepeda
motor supaya kondisinya tetap prima saat kita gunakan dan tidak mogok di jalan.
1.
Oli Mesin
Oli mesin
merupakan bagian yang sangat penting, ibarat kata adalah jantungnya mesin. Oli
mesin berfungsi untuk melumasi dan meminimalisir gesekan antar komponen mesin
sehingga kerja mesin lebih optimal. Tanpa oli mesin maka komponen mesin akan
saling bergesekan satu sama lain dan mengakibatkan mesin menjadi jebol. Maka
dari itu penting untuk memperhatikan oli mesin pada motor anda. Disarankan
mengganti oli mesin interval waktu sebulan sekali agar kondisi mesin tetap
terjaga. Jika terlalu berat untuk mengganti oli mesin sebulan sekali, ya bisa
dua atau tiga bulan sekali tergantung jarak tempuh sepeda motor anda. Semakin
jauh jarak tempuhnya maka semakin rajin untuk mengganti oli mesin.
Oli Mesin Sepeda Motor
Untuk harga oli
mesin sepeda motor sendiri bervariasi tergantung tipe sepeda motor dan jenis
olinya. Dapat disesuaikan dengan kantong anda asalkan spesifikasi oli mesinnya
sesuai dengan sepeda motor anda.
2.
Oli Gardan
Oli gardan ini
biasanya terdapat pada jenis sepeda motor matic, oli gardan ini berfungsi untuk
melumasi sistem transmisi pada sepeda motor matic. Oli gardan ini jangka
pakainya lebih lama daripada oli mesin dan harganya jauh lebih murah
dibandingkan oli mesin. Tetapi jika penggantian oli gardan ini kurang
diperhatikan atau tidak pernah diganti maka akan mengakibatkan kurang
optimalnya kinerja sistem transmisi pada sepeda motor matic yang mengakibatkan
tarikan menjadi lemot dan dapat terjadi kerusakan pada sistem transmisisnya.
Oli Gardan Sepeda Motor Matic
Penggantian oli
gardan ini bisa dilakukan dengan rumus 2:1, yaitu setelah dua kali melakukan
penggantian oli mesin maka bisa melakukan penggantian oli gardan, begitu pun
seterusnya. Tetapi jika setiap mengganti oli mesin sekalian mengganti oli
gardan tidak masalah, kembali lagi kepada pemilik sepeda motornya.
3.
Accu/Aki
Tanpa adanya
accu maka tidak ada aliran listrik di sepeda motor untuk mensuplai lampu-lampu
pada sepeda motor, klakson, dan dinamo starter untuk menghidupkan motor. Maka
peranan accu sangat penting, jadi lakukan penggantian jika accu sepeda motor
anda sudah rusak. Jika tidak maka akan merepotkan kita sendiri sebagai
penggunanya.
Accu Sepeda Motor
Ada dua tipe
accu, yakni accu kering dan accu basah. Perlu diperhatikan untuk accu basah
agar selalu mengontrol ketinggian air accu di dalam penampungan.
4.
Busi
Tak kalah
pentingnya, busi pun perlu kita perhatikan, sebab busi berperan penting dalam
sistem pembakaran pada mesin yakni memberikan percikan api untuk membakar bahan
bakar dalam mesin. Jika busi tidak sehat maka yang terjadi adalah mesin sepeda
motor kita tidak dapat hidup karena tidak adanya pengapian.
Busi Sepeda Motor
5.
Service karburator atau sistem injeksi
Ini juga
penting dilakukan untuk membersihkan dan menyetel ulang sistem karburator atau
sistem injeksi pada sepeda motor anda supaya dapat mensuplai udara dan bahan
bakar menuju ruang pembakaran di mesin secara sempurna sehingga menghasilkan
tenaga mesin yang optimal. Service ini dapat dilakukan dengan membawa sepeda
motor anda ke bengkel langganan anda atau ke bengkel resminya.
Pembersihan Karburator Sepeda Motor
6.
Air Coolant/ Air Radiator
Radiator ini
sangat vital bagi mesin sepeda motor yang menggunakan sistem coolant. Karena
ini merupakan alat pendingin mesin utama. Jika kinerja radiator atau air
radiator habis, maka mesin akan mengalami panas berlebih atau overheat, dan
dapat mengakibatkan kerusakan parah pada mesin dan parahnya lagi akan
mengakibatkan kebakaran. Maka penting untuk para pengguna sepeda motor yang
menggunakan radiator untuk mengontrol secara rutin air radiatornya.
Air Coolant Untuk Radiator
Jika tidak ada
coolant diisi air biaa pun tidak masalah, tetapi lebih baik diisi coolant
karena lebih dirancang untuk radiator dan tidak menimbulkan karat. Untuk
harganya sendiri cukup terjangkau.
Sedikit tips,
jika mesin overheat segera tepikan kendaraan ke tempat aman dan matikan mesin
kemudian tunggu mesin dingin kemudian bisa tambahkan air radiator, kemudian
mulai nyalakan mesin dan tunggu beberapa saat untuk memastiakan bahwa mesin
motor berada pada suhu yang normal kembali.
7.
Kanvas Rem
Rem menjadi
bagian terpenting untuk kita perhatikan karena ini merupakan sistem keselamatan
yang sering kita gunakan, berfungsi untuk mengurangi kecepatan sepeda motor
atau bisa juga digunakan untuk menghentikan laju sepeda motor. Jika kanvas rem
ini sampai habis maka kinerja pengereman kurang maksimal dan bahkan bisa
menimbulkan rem blong.
Kanvas Rem Cakram dan Tromol serta Piringan
Cakram
Maka dari itu
perhatikan lah selalu ketebalan kanvas rem untuk menjaga fungsi rem tetap baik,
dan gantilah dengan yang original pabrikan agar kinerjanya pun maksimal. Selain
kanvas rem, ketebalan piringan cakram pun harus dperhatikan serta ketinggian
minyak rem pun harus diperhatikan, jangan sampai menyentuh batas minimal
apalagi kurang dari minimal.
8.
Gear dan Rantai
Ini pun menjadi
bagian penting di sepeda motor anda, digunakan di tipe sepeda motor gigi dan
kopling, fungsi gear dan rantai adalah untuk menghubungkan tenaga dari mesin
menuju roda atau ban. Jika kondisi gear sudah aus maka yang terjadi adalah
rantai menjadi kendor dan mengakibatkan rabtai lepas dari gear dan sepeda motor
tidak bisa berjalan. Jika kondisi rantai sudah usang maka rantai akan putus.
Jika kurang pelumasan maka akan memperpendek usia pemakaian gear dan rantai dan
akan timbul suara bising dari putaran gear dan rantai.
Gear dan Rantai
Cara merawatnya
adalah dengan melumasi gear dan rantai supaya mempekecil gesekan, kemudian
setel kekencangan rantai dengan pas, dan melakukan penggantian parts jika gear
sudah aus.
9.
Ban
Ban merupakan
satu-satunya komponen pada sepeda motor yang menyentuh aspal jika sedang
berjalan, semua yang ada di sepeda motor akan bertumpu beban di ban tersebut.
Maka dari itu wajib sekali untuk mengontrol secara rutin kondisi ban sepeda
motor anda. Yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin pada ban, usahakan
selalu pada tekanan yang dianjurkan pabrikan, tidak kurang dan tidak pula
lebih. Dan ketebalan ban juga perlu diperhatikan agar tidak sampai kehilangan
grip ban ke aspal karena ban sudah botak. Segera ganti ban jika sudah aus
supaya mendapatkan kondisi motor yang prima.
Ban Yang Baik Menunjang Keselamatan Berkendara
10.
Bahan bakar
Bahan bakar
merupakan bahan pokok untuk sepeda motor agar bisa berjalan, hampir setiap hari
kita melakukan pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor kita. Pemilihan
bahan bakar yang tepat akan menjadikan mesin kita bekerja secara optimal dan
efisien. Jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu kecil,
maka bahan bakar cepat panas dan sudah meledak sebelum waktunya di dalam ruang
pembakaran dan mengakibatkan mesin cepat panas dan piston akan cepat jebol.
Jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu besar, maka bahan
bakar lebih lama panasnya dan telat pada saat meledaknya sehingga menimbulkan
tarikan mesin yang lemot. Di samping itu juga sisa dari pembakaran yang tidak
sempurna membuat kerak atau kotoran mengumpul di ruang pembakaran sehingga
menghambat kinerja piston.
Tips Memilih Bahan Bakar yang Tepat
Pemilihan Bahan Bakar sesuai Kompresi mesin kendaraan
masing”
Untuk pemilihan
bahan bakar yang tepat bisa dilihat tabel diatas, disesuaikan dengan kompresi
mesin sepeda motor masing-masing. Untuk mengetahui kompresi mesin sepeda motor
anda bisa searching di google.
11.
Panel Speedometer, perlampuan, dan klakson
Tak kalah
penting juga untuk mengecek fungsi dari speedometer agar kita dapat memantau
kecepatan kita mengendarai sepeda motor, selain itu juga cek fungsi daripada
fungsi lampu indikator pada speedometer dan juga indikator penunjuk bensin agar
tidak kehabisan besin di tengah jalan.
Panel Speedometer Sepeda Motor
Setelah urusan
panel speedometer beres, maka pemgecekan dilanjut ke perlampuan motor. Lampu
kota, lampu utama, lampu jauh, lampu sein, lampu rem pastikan semua hidup dan
berfungsi dengan baik. Jika ada yang mati segera ganti lampunya. Kemudian tak
lupa untuk mengecek klakson dan pastikan nyala dan berfungsi dengan baik.
Jika semua bagian diatas sudah
terpenuhi, motor siap untuk diajak jalan dan tidak rewel di jalan, jangan lupa
untuk melengkapi kelengkapan sepeda motor anda seperti kaca spion, plat nomor,
menghidupkan lampu utama. Dan untuk pengemudi dan penumpang gunakan selalu helm
dan patuhi rambu lalu lintas. Dan jangan membawa penumpang lebih dari dua orang
serta tidak membawa barang yang berlebihan. Tak lupa membawa surat-surat dan
membayar pajak. Jangan lupa berdoa sebelum berkendara, semoga selamat sampai
tujuan.
Sekian tulisan ini saya buat, mohon
maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Bukan saya tahu akan
segala hal tetapi sedikit berbagi apa yang saya tahu, jika ada yang kurang bisa
ditambahkan, jika ada yang salah mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat terima
kasih. J
Komentar
Posting Komentar