Tips Merawat Motor



           Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Dari kalangan anak sekolah, kuliah, pekerja, dan lainnya banyak yang menggunakan sepeda motor untuk moda transportasi. Karena ke-efisienannya lah yang menjadi alasan banyak orang untuk menggunakan sepeda motor. Disini saya akan sedikit berbagi informasi dan pengalaman tentang bagaimana merawat sepeda motor supaya kondisinya tetap prima saat kita gunakan dan tidak mogok di jalan.
1.      Oli Mesin
Oli mesin merupakan bagian yang sangat penting, ibarat kata adalah jantungnya mesin. Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan meminimalisir gesekan antar komponen mesin sehingga kerja mesin lebih optimal. Tanpa oli mesin maka komponen mesin akan saling bergesekan satu sama lain dan mengakibatkan mesin menjadi jebol. Maka dari itu penting untuk memperhatikan oli mesin pada motor anda. Disarankan mengganti oli mesin interval waktu sebulan sekali agar kondisi mesin tetap terjaga. Jika terlalu berat untuk mengganti oli mesin sebulan sekali, ya bisa dua atau tiga bulan sekali tergantung jarak tempuh sepeda motor anda. Semakin jauh jarak tempuhnya maka semakin rajin untuk mengganti oli mesin.
  
Oli Mesin Sepeda Motor
Untuk harga oli mesin sepeda motor sendiri bervariasi tergantung tipe sepeda motor dan jenis olinya. Dapat disesuaikan dengan kantong anda asalkan spesifikasi oli mesinnya sesuai dengan sepeda motor anda.

2.      Oli Gardan
Oli gardan ini biasanya terdapat pada jenis sepeda motor matic, oli gardan ini berfungsi untuk melumasi sistem transmisi pada sepeda motor matic. Oli gardan ini jangka pakainya lebih lama daripada oli mesin dan harganya jauh lebih murah dibandingkan oli mesin. Tetapi jika penggantian oli gardan ini kurang diperhatikan atau tidak pernah diganti maka akan mengakibatkan kurang optimalnya kinerja sistem transmisi pada sepeda motor matic yang mengakibatkan tarikan menjadi lemot dan dapat terjadi kerusakan pada sistem transmisisnya.


Oli Gardan Sepeda Motor Matic
Penggantian oli gardan ini bisa dilakukan dengan rumus 2:1, yaitu setelah dua kali melakukan penggantian oli mesin maka bisa melakukan penggantian oli gardan, begitu pun seterusnya. Tetapi jika setiap mengganti oli mesin sekalian mengganti oli gardan tidak masalah, kembali lagi kepada pemilik sepeda motornya.

3.      Accu/Aki
Tanpa adanya accu maka tidak ada aliran listrik di sepeda motor untuk mensuplai lampu-lampu pada sepeda motor, klakson, dan dinamo starter untuk menghidupkan motor. Maka peranan accu sangat penting, jadi lakukan penggantian jika accu sepeda motor anda sudah rusak. Jika tidak maka akan merepotkan kita sendiri sebagai penggunanya.
Accu Sepeda Motor
Ada dua tipe accu, yakni accu kering dan accu basah. Perlu diperhatikan untuk accu basah agar selalu mengontrol ketinggian air accu di dalam penampungan.

4.      Busi
Tak kalah pentingnya, busi pun perlu kita perhatikan, sebab busi berperan penting dalam sistem pembakaran pada mesin yakni memberikan percikan api untuk membakar bahan bakar dalam mesin. Jika busi tidak sehat maka yang terjadi adalah mesin sepeda motor kita tidak dapat hidup karena tidak adanya pengapian.
 
Busi Sepeda Motor

5.      Service karburator atau sistem injeksi
Ini juga penting dilakukan untuk membersihkan dan menyetel ulang sistem karburator atau sistem injeksi pada sepeda motor anda supaya dapat mensuplai udara dan bahan bakar menuju ruang pembakaran di mesin secara sempurna sehingga menghasilkan tenaga mesin yang optimal. Service ini dapat dilakukan dengan membawa sepeda motor anda ke bengkel langganan anda atau ke bengkel resminya.

Pembersihan Karburator Sepeda Motor

6.      Air Coolant/ Air Radiator
Radiator ini sangat vital bagi mesin sepeda motor yang menggunakan sistem coolant. Karena ini merupakan alat pendingin mesin utama. Jika kinerja radiator atau air radiator habis, maka mesin akan mengalami panas berlebih atau overheat, dan dapat mengakibatkan kerusakan parah pada mesin dan parahnya lagi akan mengakibatkan kebakaran. Maka penting untuk para pengguna sepeda motor yang menggunakan radiator untuk mengontrol secara rutin air radiatornya.
Air Coolant Untuk Radiator
Jika tidak ada coolant diisi air biaa pun tidak masalah, tetapi lebih baik diisi coolant karena lebih dirancang untuk radiator dan tidak menimbulkan karat. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau.
Sedikit tips, jika mesin overheat segera tepikan kendaraan ke tempat aman dan matikan mesin kemudian tunggu mesin dingin kemudian bisa tambahkan air radiator, kemudian mulai nyalakan mesin dan tunggu beberapa saat untuk memastiakan bahwa mesin motor berada pada suhu yang normal kembali.

7.      Kanvas Rem
Rem menjadi bagian terpenting untuk kita perhatikan karena ini merupakan sistem keselamatan yang sering kita gunakan, berfungsi untuk mengurangi kecepatan sepeda motor atau bisa juga digunakan untuk menghentikan laju sepeda motor. Jika kanvas rem ini sampai habis maka kinerja pengereman kurang maksimal dan bahkan bisa menimbulkan rem blong.



Kanvas Rem Cakram dan Tromol serta Piringan Cakram
Maka dari itu perhatikan lah selalu ketebalan kanvas rem untuk menjaga fungsi rem tetap baik, dan gantilah dengan yang original pabrikan agar kinerjanya pun maksimal. Selain kanvas rem, ketebalan piringan cakram pun harus dperhatikan serta ketinggian minyak rem pun harus diperhatikan, jangan sampai menyentuh batas minimal apalagi kurang dari minimal.

8.      Gear dan Rantai
Ini pun menjadi bagian penting di sepeda motor anda, digunakan di tipe sepeda motor gigi dan kopling, fungsi gear dan rantai adalah untuk menghubungkan tenaga dari mesin menuju roda atau ban. Jika kondisi gear sudah aus maka yang terjadi adalah rantai menjadi kendor dan mengakibatkan rabtai lepas dari gear dan sepeda motor tidak bisa berjalan. Jika kondisi rantai sudah usang maka rantai akan putus. Jika kurang pelumasan maka akan memperpendek usia pemakaian gear dan rantai dan akan timbul suara bising dari putaran gear dan rantai.

Gear dan Rantai
Cara merawatnya adalah dengan melumasi gear dan rantai supaya mempekecil gesekan, kemudian setel kekencangan rantai dengan pas, dan melakukan penggantian parts jika gear sudah aus.

9.      Ban
Ban merupakan satu-satunya komponen pada sepeda motor yang menyentuh aspal jika sedang berjalan, semua yang ada di sepeda motor akan bertumpu beban di ban tersebut. Maka dari itu wajib sekali untuk mengontrol secara rutin kondisi ban sepeda motor anda. Yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin pada ban, usahakan selalu pada tekanan yang dianjurkan pabrikan, tidak kurang dan tidak pula lebih. Dan ketebalan ban juga perlu diperhatikan agar tidak sampai kehilangan grip ban ke aspal karena ban sudah botak. Segera ganti ban jika sudah aus supaya mendapatkan kondisi motor yang prima.
Ban Yang Baik Menunjang Keselamatan Berkendara

10.  Bahan bakar
Bahan bakar merupakan bahan pokok untuk sepeda motor agar bisa berjalan, hampir setiap hari kita melakukan pengisian bahan bakar untuk kendaraan bermotor kita. Pemilihan bahan bakar yang tepat akan menjadikan mesin kita bekerja secara optimal dan efisien. Jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu kecil, maka bahan bakar cepat panas dan sudah meledak sebelum waktunya di dalam ruang pembakaran dan mengakibatkan mesin cepat panas dan piston akan cepat jebol. Jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu besar, maka bahan bakar lebih lama panasnya dan telat pada saat meledaknya sehingga menimbulkan tarikan mesin yang lemot. Di samping itu juga sisa dari pembakaran yang tidak sempurna membuat kerak atau kotoran mengumpul di ruang pembakaran sehingga menghambat kinerja piston.


Tips Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Pemilihan Bahan Bakar sesuai Kompresi mesin kendaraan masing”
Untuk pemilihan bahan bakar yang tepat bisa dilihat tabel diatas, disesuaikan dengan kompresi mesin sepeda motor masing-masing. Untuk mengetahui kompresi mesin sepeda motor anda bisa searching di google.

11.  Panel Speedometer, perlampuan, dan klakson
Tak kalah penting juga untuk mengecek fungsi dari speedometer agar kita dapat memantau kecepatan kita mengendarai sepeda motor, selain itu juga cek fungsi daripada fungsi lampu indikator pada speedometer dan juga indikator penunjuk bensin agar tidak kehabisan besin di tengah jalan.
Panel Speedometer Sepeda Motor
Setelah urusan panel speedometer beres, maka pemgecekan dilanjut ke perlampuan motor. Lampu kota, lampu utama, lampu jauh, lampu sein, lampu rem pastikan semua hidup dan berfungsi dengan baik. Jika ada yang mati segera ganti lampunya. Kemudian tak lupa untuk mengecek klakson dan pastikan nyala dan berfungsi dengan baik.

            Jika semua bagian diatas sudah terpenuhi, motor siap untuk diajak jalan dan tidak rewel di jalan, jangan lupa untuk melengkapi kelengkapan sepeda motor anda seperti kaca spion, plat nomor, menghidupkan lampu utama. Dan untuk pengemudi dan penumpang gunakan selalu helm dan patuhi rambu lalu lintas. Dan jangan membawa penumpang lebih dari dua orang serta tidak membawa barang yang berlebihan. Tak lupa membawa surat-surat dan membayar pajak. Jangan lupa berdoa sebelum berkendara, semoga selamat sampai tujuan.
            Sekian tulisan ini saya buat, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Bukan saya tahu akan segala hal tetapi sedikit berbagi apa yang saya tahu, jika ada yang kurang bisa ditambahkan, jika ada yang salah mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat terima kasih. J




           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Struktur Navigasi Web

Study Tour SMAN 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor 2018 Goes to Bromo, Malang, Yogyakarta